Ayo Kerja

Sebelum mendapatkan pekerjaan dan berkerja kiranya tulisan singkat saya ini membantu teman2. Kata follow up sangat mudah diucapkan tetapi sulit untuk diimplementasikan. Padahal hal ini termasuk aspek yang menentukan keberhasilan di karier kita mulai dari proses yang paling awal yaitu interview sampai dengan kenaikan pangkat atau promosi jabatan kita. Belum lagi follow up terhadap customer kita, rekan kerja, bawawan dan atasan ( BOS ) kita, yang merupakan aspek penting dalam keberhasilan.
Berikut tips untuk follow up setelah pemanggilan interview dan pencarian kerja :

Apa yang dilakukan setelah interview? Saat selesai interview kerja, jarang sekali pencari kerja yang melakukan follow up yang menyatakan apresiasi dan ucapan terima kasih. Disarankan dalam waktu 2 hari kerja, email atau surat perlu dikirim ke pewawancara yang berguna untuk antara lain:

Menunujukkan apresiasi kepada perusahaan yang sudah tertarik dengan Anda.

1. Menyatakan ketertarikan kita terhadap posisi yang ditawarkan (passion)
2. Me-review dan mengingatkan tentang kualifikasi kita yang cocok dengan posisi yang ditawarkan. Bila ada hal yang terlupakan pada saat wawancara, dapat di higlight pada saat mengirim follow up.
3. Menunjukkan good manner (kemampuan Bukan sekedar Omongan)
4. Memberikan informasi tambahan yang diminta pada saat wawancara

Follow up pertama di atas bukan satu-satunya follow up yang wajib dilakukan. Pencari kerja perlu melakukan follow up kedua atau berikutnya bila perusahaan belum memberikan keputusan proses selanjutnya berupa pemberitahuan sesuai dengan kesepakatan. Dalam follow up kedua, cantumkan secara rinci seluruh kronologis informasi dan tanyakan mengenai status pencari kerja.Kalau pencari kerja melakukan follow up setiap kali proses wawancara, niscaya hal ini akan menunjukkan kualitasnya.

Apakah memberikan informasi status ke pencari kerja merepotkan? Sebenarnya hal di atas tidak terlalu merepotkan perusahaan kalau saja perusahaan menggunakan teknologi dalam proses recruitment-nya. Online recruitment seperti jobstreet.com menyediakan fasilitas yang yang sangat user friendly untuk proses seperti di atas sehingga pencari kerja dapat memonitor proses rekrutmennya secara transparan. Perusahaan dapat secara otomatis mengirim notifikasi baik melalui e-mail maupun sms kepada pencari kerja. Email penolakan atau pun notifikasi lainnya dapat dikirim secara otomatis. Begitu juga dengan pencari kerja dapat melakukan follow up dengan mudah bilamana perusahaan menggunakan e-recruitment seperti banyak di Internet. Keberhasilan dapat dimulai dengan follow up dalam mencari pekerjaan. Salah satu channel yang digunakan perusahaan untuk mencari kandidat dan juga pencari kerja memburu kerjaan adalah dengan job fair. Sayangnya pencari kerja jarang sekali melakukan follow up setelah menghadiri job fair meskipun dengan biaya dan menyita waktu cukup lama. Lakukanlah follow up setelah Anda bicara dengan wakil perusahaan di dalam job fair dengan mengirim email atau hardcopy ke perusahaan. Sama seperti dengan follow up interview, berikan suatu kesan bahwa Anda tertarik dengan posisi yang ditawarkan oleh perusahaan dan berikan apresiasi dan ucapan terima kasih karena Anda sudah diberi waktu bertemu. Hal ini akan memberikan Nilai tambah kepada Anda karena saya yakin bahwa Anda termasuk beberapa dari ribuan orang bahkan mungkin satu-satunya orang yang melakukan hal ini.

Yang BIKIN tulisan Masih BELUM KERJA JUGA... DOAIN ya,,, biar cepet Kerja,,, :O

4 comments:

dimaz mengatakan...

ya boznya harus kerja dulu biar tahu gimana rasanya....kerja..!!
tapi ngomong2 enak juga ndengerin lagunya iwan fals.....yang sarjana muda sibuk mencari kerja..heheh

Unknown mengatakan...

Iya... TUh dah Banyakk Yang mULAI comaen Bang Rajin aja Ngelog... Biar makin naek Tuh Rangkin

BAGONG G2 lho mengatakan...

KWKWKWK ngomongin APA toh,,, KERJA aja Belum Kok GAYA???

bangjlimz mengatakan...

DOAIN JUGA AKU kerja Gitu LHO... masak MAU GINI terus... !@ DIMAS... bener BOT,, Lagu SARJANA MUDA

Check PAGE RANK

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

CHECK THIS OUT

About Me

Foto saya
Bukan Orang BAIK. Tapi Juga Bukan Orang JAHAT, APALAGI Munafik.